header_ads

Bima Arya Uji Dosen Ibn Khaldun

BERITA BOGOR - Budi Susetya sendiri adalah dosen di Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor.  

Walikota Bogor Bima Arya menjadi anggota Tim Penguji Sidang Promosi Doktor Mahasiswa IPB kepada Budi Susetyo pada ujian terbuka yang diadakan di Ruang Sidang Sylva, Fakultas Kehutanan IPB – Kampus Dramaga (19/8/2014).

Budi Susetya berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Model Perumusan Kebijakan Pemanfaatan Lahan Berbasis Ekologi Lanskap di Kawasan Sempadan Sungai Ciliwung Kota Bogor. Setelah sebelumnya diadakan ujian tertutup dengan penguji Prof. Dr. Ir. Bambang Pramudya, MS, Guru Besar IPB dan Dr. Ir. Latief Mahir Rachman, M.Sc. MBA, Staf Pengajar Departemen Ilmu-ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan IPB, selasa (19/8) diadakan ujian terbuka dengan penguji Dr. Endes N Dachlan, Staf Pengajar Fakultas Kehutanan IPB dan Dr. Bima Arya Sugiarto, Walikota Bogor.

Dalam penelitiannya yang meliputi areal 303,84 ha, sepanjang 15,19 km, dengan mengambil buffering 100 meter kiri dan kanan sungai yang melintasi wilayah Kota Bogor dan meliputi empat kecamatan dan 15 kelurahan didapat hasil secara ekologis keberadaan sungai Ciliwung yang melintasi Kebun Raya Bogor memiliki nilai penting dan berpotensi memperkuat koridor ruang terbuka hijau yang ada.

Upaya ini harus diperkuat dengan berbagai peraturan perundangan yang memproteksi sempadan sungai sebagai kawasan perlindungan setempat.Tapi pada kenyataannya kondisi lingkungan di sempadan sungai ciliwung sangat buruk. Penurunan kualitas lingkungan tersebut disebabkan berbagai faktor, yang terbesar adalah banyaknya pembangunan pemukiman liar yang dibangun secara ilegal.

Menurutnya, tujuan dari penelitian diantaranya mengevaluasi nilai pohon berdasarkan tutupan lahan di sempadan sungai, melakukan analisis kemampuan lahan dan kesesuaiannya untuk tanaman penghijauan di kawasan sempadan sungai, melakukan analisis persepsi dan preferensi masyarakat yang bermukim di kawasan sempadan sungai, dan menyusun model kebijakan pemanfaatan lahan berbasis ekologi lanskap di kawasan sempadan sungai Ciliwung.

Budi Susetya sendiri adalah dosen di Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ibn Khaldun Bogor. Menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) di IPB mengambil jurusan Geofisika dan Meteorologi (1991), Pasca Sarjana (S2) di IPB pada program International M.Sc in Information for Natural Resource Management  (2007).

Peran serta aktif para akademisi untuk membantu Pemerintah Kota Bogor sangat diperlukan untuk membantu program pembangunan yang sedang dijalankan. Dengan perencanaan yang matang dan hasil survey dan penelitian yang dilakukan, pembangunan akan lebih terarah dan diharapkan hasilnya akan lebih maksimal.  (eka) Editor: MICHELLE




Diberdayakan oleh Blogger.