header_ads

Galian Pasir Lebak Jaya Disegel

Satpol PP, TNI dan Polri melakukan penyegelan Galian Pasir tanpa ijin di Lebak Jaya, Desa Sukaresmi Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor, Kamis (18/10/2018) siang. 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Operasi gabungan POL PP Provinsi, Kabupaten Bogor dengan Dinas terkait lainnya dalam rangka melakukan penertiban galian- galian tanah merah dan galian C di Tamansari yang terletak di kampung lebak Jaya Desa Sukaresmi Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor, Kamis (18/10/2018)

Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Satpol PP Kabupaten Bogor Agus Rido mengatakan penggalian melakukan secara manual tapi ini sangat berbahaya karena dilakukan di area mata air ciburial merupakan daripada sumber air untuk PDAM kabupaten Bogor, Kota Bogor dan DKI jadi mulai terganggu dengan galian ini, kemudian ada jembatan yang baru dibangun, dan apabila dilakukan galian secara terus-menerus maka akan mengakibatkan longsor dan masyarakat meminta berkali - kali ditertibkan.

Diketahui ada 3 pemilik galian dan sudah kita amankan 17 truk yang ada dlokasi dan 22 penggali maka akan kita proses saat ini bersama penyidik pegawai negri sipil dari provinsi. "Kita akan lakukan pemeriksaan, ada 3  pemilik tanah, pemilik kendaraan, dan penggali yang akan kita kembangkan siapa daripada bos galian ini. Dan kalau kita lihat mulai kita masuk jam 12.00 Wib kita dapat 17 truk. artinya ini mungkin sudah ada yang keluar dari pagi, jadi volume truk yang keluar masuk tinggi," ungkap Agus Rido.

Menurutnya, galian tanpa izin sangat berdampak terhadap lingkungan dan sarana dan prasana jalan jadi rusak juga mengganggu lingkungan. Dan yang paling penting nanti kita lihat apakah dilimpahkan kepada proses pidana. "atau cukup tindakan administratif atau mungkin saja ini dengan menggunakan sidang cepat masih kita dalami," ungkapnya

Galian yang sudah beroprasi kurang lebih 3 bulan, "tapi kalau dilihat area sudah melebar sepertinya sudah tahunan. Untuk lebih lanjut akan dilakukan pemortalan di area galian serta memberikan terapi terhadap penggali supaya ada efek jera," pungkasnya. (yd) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.