header_ads

Pameran Arsip Statis Perjuangan HUT RI Ke-69

BERITA BOGOR - Pameran arsip statis perjuangan Kemerdekaan di Kabupaten Bogor, diminati pengunjung terutama anak-anak Sekolah Dasar. 

Pameran arsip statis tersebut diselenggarakan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (KAPD) Kabupaten Bogor bersama Museum Perjuangan Bogor bertempat di Cibinong City Mall, Senin (18/8/2014).

Kepala KAPD Kabupaten Bogor, Ferry Adnan menyampaikan bahwa kunjungan masyarakat untuk membaca buku ke perpustakaan dan minat untuk menggali kegiatan kearsipan masih rendah, maka pameran arsip statis sejarah Kabupaten Bogor ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sebuah arsip bagi kehidupan.

Menurutnya ada beberapa masukan dari para keluarga pejuang di Kabupaten Bogor, termasuk dari keluarga Enthol Kahfi dan Ipik Gandaman, para Bupati pendahulu kita, bahwa sebaiknya nama-nama jalan di Kabupaten Bogor menggunakan nama pejuang Kabupaten Bogor. Kemudian, adanya pengurusan kepejuangan ke tingkat nasional. Dan bagi pejuang yang tidak mampu, diberikan kadedeuh untuk meringankan beban hidupnya sehari-hari. 

Pengunjung pameran yang didominasi siswa siswi sekolah dasar ini, antusias melihat beberapa arsip stastis berupa foto, lukisan, senjata, hingga baju yang digunakan pejuang Kabupaten Bogor pada masa merebut kemerdekaan. Selain memamerkan arsip-arsip statis bertemakan perjuangan di Kabupaten Bogor pada masa penjajahan, terdapat pula penampilan seperti teater tentang perjuangan, pemutaran film perjuangan, penampilan kesenian, penyerahan penghargaan kepada pejuang di Kabupaten Bogor dan dialog dengan keluarga pejuang dan pelajar.


18/8/2014




Diberdayakan oleh Blogger.