header_ads

Penagkaran Rusa Cariu Perlu Investor

Penangkaran Rusa Wana Wisata Giri Jaya, Tempat Wisata Bogor. Lokasi ini dikenal sebagai tempat Wisata di Desa Buangjaya, Kecamatan Cariu, Bogor, lewat Jalan Raya Cileungsi-Jonggol, sekitar 40 km dari pintu tol keluar Cibubur.

Wana Wisata Penangkaran Rusa (WWPR) Cariu di Kampung Girijaya, Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari hingga kini selalu sepi pengunjung. Padahal, lokasi wisata milik Perhutani Bogor itu sudah ada sejak 1993.

Camat Tanjungsari Beben Suhendar menilai, kurang maksimalnya pengelolaan dari Perhutani-lah yang membuat WWPR tak berkembang. "Kalau ingin maju, harus bekerjasama dengan pihak swasta. Kalau swasta kan bisa profesional," ujar Beben.

Dirinya mengaku sangat menginginkan WWPR menjadi objek wisata unggulan di daerah Bogor. Selain Kebun Raya Bogor, The Junggle, Taman Wisata Buah Mekarsari dan Taman Wisata Matahari Puncak.

Ia juga menilai, minimnya fasilitas menjadi penyebab para investor enggan berinvestasi di WWPR.

Salah satunya, kata Beben, papan informasi WWPR yang terlihat sangat sederhana. Sehingga kurang mencolok. Padahal, lanjutnya, jika fasilitas yang ada cukup memadai dan mendukung, WWPR bisa menjadi alternatif liburan ketika Lebaran dan hari libur lainnya.

Selain itu, akses menuju lokasi dari Jalan Transyogi pun cukup rusak. Meski sepanjang jalan raya dari Cibubur ke lokasi sudah lumayan bagus.

“Mestinya pihak Perhutani aktif mencari investor. Kalau ramai pengunjung kan bagus, bisa berimbas kepada warga sekitar. Mereka bisa mengeruk keuntungan dengan cara berdagang cinderamata atau jajanan. Saya hanya bisa berharap WWPR bisa jadi ikon Kecamatan Tanjungsari,” pungkasnya. (ico/als)







Sumber: Radar Bogor 09/09/2010

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.